Apa itu Bluetooth?

Uncategorized

Teknologi Bluetooth menentukan tautan radio jarak pendek dua arah yang memungkinkan komunikasi antara PC, ponsel, PDA, dan peralatan komputer lainnya, elektronik, dan peralatan teater rumah. Dengan Bluetooth Anda dapat dengan mudah menyinkronkan informasi kontak atau data kalender antara PDA dan laptop, berbicara di telepon bebas genggam atau mencetak tanpa kabel. Ini adalah teknologi penggantian kabel seperti inframerah, tetapi menawarkan banyak keunggulan dibandingkan inframerah.

Spesifikasi Bluetooth ditujukan untuk menjaga biaya tetap rendah, konsumsi daya minimal dan ukuran kecil. Konsumsi daya yang rendah berarti dapat digunakan pada perangkat yang menggunakan baterai. Bluetooth menawarkan kecepatan data yang lebih cepat dan jarak transmisi yang lebih besar dibandingkan dengan inframerah dan tidak ada batasan di situs. Ini beroperasi pada frekuensi radio 2,4 GHz dan menjamin kegunaan di seluruh dunia.

Sejarah

Bluetooth dinamai setelah raja Denmark abad ke-10, Harald Blatand (Bluetooth Harld) yang dikenal karena menyatukan kelompok-kelompok yang bertikai di Norwegia, Swedia, dan Denmark saat ini. Awalnya dikembangkan oleh Ericsson, sekarang dikelola oleh Kelompok Minat Khusus Bluetooth (SIG).

Bluetooth SIG adalah grup industri dengan anggota dari industri telekomunikasi, komputer, dan chip. Hingga saat ini, lebih dari 2000 perusahaan adalah anggota. Bluetooth SIG mengawasi program kualifikasi untuk memastikan kepatuhan dengan standar dan interoperabilitas dengan perangkat Bluetooth lainnya. Setiap perangkat dengan logo Bluetooth telah berhasil menyelesaikan tes interoperabilitas.

Detail teknis

Kecepatan: kecepatan data kotor yang didukung oleh Bluetooth adalah 1 Mbps. Kecepatan data aktual adalah 432 kbps untuk dupleks-penuh dan 721 kbps untuk transmisi asimetris.

Frekuensi: Bluetooth menggunakan band ISM (Industri, Ilmiah, dan Medis) tanpa lisensi pada 2,4 GHz. Ban ini tersedia di sebagian besar negara. Di beberapa negara itu dicadangkan untuk penggunaan militer, tetapi bahkan negara-negara ini sedang dalam perjalanan untuk membuat band tersedia untuk penggunaan umum. Karena Bluetooth berbagi rentang frekuensi yang sama dengan produk WLAN 802.11b, kedua teknologi ini tidak dapat bekerja di ruangan yang sama dalam keadaan tertentu.

Keamanan: Bluetooth dirancang untuk seaman kawat menggunakan otentikasi dan enkripsi 128-bit. Aplikasi juga dapat membangun keamanan mereka sendiri di atas koneksi Bluetooth.

Jarak transmisi: kisaran khas Bluetooth adalah maksimum 10 meter. Jangkauannya tergantung pada kelas daya radio yang digunakan. Radio kelas 2 memiliki jangkauan tipikal 10 meter. Kelas yang lebih kuat mendukung seri yang lebih panjang dan memiliki daya output yang lebih tinggi. Sebagian besar perangkat menggunakan radio kelas 2 dan perangkat seluler, seperti ponsel, di mana konsumsi daya yang rendah sangat penting, hanya dapat menggunakan radio kelas 2.

Arsitektur: Hingga 8 perangkat dapat dihubungkan sekaligus dengan Bluetooth. Piconet adalah istilah untuk koleksi perangkat Bluetooth yang terhubung ad hoc. Semua perangkat adalah unit yang setara, tetapi satu perangkat bertindak sebagai master dan budak lainnya selama durasi koneksi piconet. Setiap piconet mendukung maksimal 3 perangkat bicara dupleks penuh. Bisa ada maksimal 10 piconet dalam area 10 meter.

Aplikasi

Bluetooth menjadi teknologi nirkabel pilihan di WPAN (Wireless Personal Area Network). Aplikasi pribadi meliputi:

– Pengguna dapat terhubung ke printer tanpa kabel.

– Pengguna dapat terhubung ke printer tanpa kabel.

– Pengguna dapat terhubung ke dokumen yang sama dengan Microsoft NetMeeting. menyinkronkan data antara PDA genggam dan laptop

– Pengguna dapat terhubung ke musik melalui headset nirkabel.

– Pengguna dapat menghubungkan ponsel mereka dengan headset nirkabel.

– Pengguna dapat menghubungkan laptop mereka ke internet melalui jaringan GPRS atau UMTS pada ponsel mereka.



Source by Jamie Morris